Selasa, 08 November 2011

RPP 2


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

                                             Nama Sekolah          :     SMP Negeri 4 Pekanbaru
                                             Mata Pelajaran          :     Matematika
                                             Kelas                        :    VII (Tujuh)
                                             Semester                   :     1 (Satu)


Standar Kompetensi                  :  ALJABAR           
                                                      2.      Memahami bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel.

Kompetensi Dasar                        :        2.1.   Mengenal bentuk aljabar dan unsur-unsurnya, serta melakukan operasi hitung pada bentuk aljabar
                                               
Indikator                                   :  1.      Menjelaskan pengertian suku, faktor, dan suku sejenis

Alokasi Waktu                          :  2 jam pelajaran (1 pertemuan).

A.     Tujuan Pembelajaran
         a.   Peserta didik dapat menjelaskan pengertian suku, faktor, dan suku sejenis.

B.      Materi Ajar
        
Bentuk Aljabar, yaitu mengenai:
a.       Arti bentuk aljabar

C.     Metode Pembelajaran

         Ceramah, tanya jawab, diskusi, dan pemberian tugas.

D.     Langkah-langkah Kegiatan


         Kegiatan Awal   :  -  Menyampaikan tujuan pembelajaran.
-    Memotivasi peserta didik dengan memberi penjelasan tentang pentingnya mempelajari materi ini.

         Kegiatan Inti     :
a.       Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru dengan metode ceramah dan tanya jawab mengenai pengertian variabel, konstanta, suku, koefisien suku, suku sejenis, dan suku tak sejenis, kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut (Bahan: buku paket, yaitu buku Matematika SMP Kelas VII Semester 1, mengenai arti bentuk aljabar, hal. 88-91 mengenai pengertian bentuk alajbar, pengertian suku, koefisien suku, dan suku sejenis, pengertian perkalian, pemangkatan, dan pembagian pada bentuk aljabar suku tunggal). Diharapkan peserta didik memiliki rasa ingin tahu sehingga dapat bertanya untuk melatih cara berkomunikasi, dan menerapkan cara berpikir kreatif.
b.      Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai pengertian variabel, konstanta, suku, koefisien suku, suku sejenis, dan suku tak sejenis.           
c.       Dengan bimbingan guru, peserta didik secara bersama-sama membahas beberapa  contoh soal dalam buku paket pada hal. 89-90 mengenai pengertian perkalian, pemangkatan dan pembagian pada bentuk aljabar suku tunggal.
d.      Guru memberikan beberapa contoh soal kepada peserta didik, kemudian dibahas bersama-sama. Guru menggunakan metoda demokratis, dan menghargai prestasi peserta didiknya.
e.       Setelah memahami semua materi pelajaran yang dipelajari, peserta didik mengerjakan soal  latihan 1 hal. 91(nomor soal ditentukan oleh guru).Siswa dituntut untuk bekerja secara mandiri, jujur dan memiliki rasa tanggung jawab.
f.       Guru memeriksa pekerjaan peserta didik sambil berkeliling dan membantu siswa yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal.

         Kegiatan Akhir :
a.       Peserta didik membuat rangkuman subbab yang telah dipelajari.
a.       Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) dari soal  latihan 1 hal. 91pada buku paket yang belum terselesaikan/dibahas di kelas.


E.      Alat dan Sumber Belajar

         Sumber :
         Buku paket Matematika 1A penerbit Erlangga
         karangan  M. Cholik Adinawan & Sugijono
         Alat :
         Penggaris
         Klasikal


               F.      Penilaian     
              
                        Teknik                   :        tugas individu, kuis, ulangan harian.
                        Bentuk Instrumen :        uraian singkat, pilihan ganda.

Contoh Instrumen :
No
Soal
Skor
Bobot
Skor Maksimal
1.




2.




3.


4.



5.
Tentukan koefisien, variabel, dan konstanta dari bentuk aljabar
           !
Adakah suku sejenisnya?

Dari  9x2 – 7x + 9 + 5x - 8 tentukan :
a.  Koefisien  x
b.  konstanta
c.  suku yang sejenis

Faktor dari 8p adalah....
Nyatakan kalimat berikut dalam bentuk aljabar!
Tinggi badan Pasha lebih 3 cm dari tinggi badan Oncy. Nyatakan tinggi badan Pasha dengan tinggi badan Oncy.
Sebuah tempat parkir terdapat x buah sepeda motor dan y buah mobil (roda 4). Nyatakan jumlah roda dari seluruh kendaraan dalam x dan y!
4






6
6
8

20

20



20
5






6



20

20



20
20





20




20

20



20



           Mengetahui,                                                                             Pekanbaru,  10 Juli 2011
         Guru Pamong                                                                  Guru Mata Pelajaran




YURHAGUSFIANI, S.Pd                                                        RINDY ANDRIANI
NIP. 197108181999032002






Tidak ada komentar:

Posting Komentar