Selasa, 01 November 2011

JUKNIS PEMBELAJARAN TUNTAS, REMEDIAL, DAN PENGAYAAN DI SMA



JUKNIS PEMBELAJARAN TUNTAS, REMEDIAL, DAN PENGAYAAN DI SMA 

©2010-Direktorat Pembinaan SMA  




DAFTAR ISI 

A.        LATAR BELAKANG  
B.        TUJUAN 
C.        RUANG LINGKUP KEGIATAN 
 D.       UNSUR YANG TERLIBAT  
E.        REFERENSI  
F.         PENGERTIAN DAN KONSEP  
G.        URAIAN PROSEDUR KERJA  

LAMPIRAN I ALUR PROSEDUR KERJA PEMBELAJARAN REMEDIAL DAN PENGAYAAN
  
LAMPIRAN 2
INSTRUKSI KERJA PENENTUAN JENIS PROGRAM REMEDIAL ATAU PENGAN

LAMPIRAN 3
CONTOH PROGRAM PEMBELAJARAN REMEDIAL

LAMPIRAN 4
CONTOH PROGRAM PEMBELAJARAN PENGAYAAN




A.    Latar Belakang 
Dalam  Pedoman  Pembelajaran  Tuntas  yang  diterbitkan  oleh  Direktorat  Pembinaan  SMA dinyatakan  bahwa  pendekatan  pembelajaran  tuntas  adalah  salah  satu  usaha  dalam 
pendidikan yang bertujuan untuk memotivasi peserta didik mencapai penguasaan (mastery 
level) terhadap kompetensi tertentu. Pembelajaran tuntas adalah pola pembelajaran yang
menggunakan  prinsip  ketuntasan  secara  individual.  Selanjutnya  dilakukan  penilaian 
terhadap  hasil  pembelajaran  untuk  mengukur  tingkat  pencapaian  kompetensi  peserta 
didik,  serta  digunakan  sebagai  bahan  penyusunan  laporan  kemajuan  hasil  belajar  dan 
memperbaiki proses  pembelajaran.  
Untuk  mengukur  penguasaan  kompetensi  perlu  dikembangkan  suatu  penilaian  yang 
mencakup seluruh kompetensi dasar dengan menggunakan indikator yang telah ditetapkan 
oleh  pendidik.  Penilaian  terhadap  hasil  pembelajaran  menggunakan  sistem  penilaian 
berkelanjutan  dalam  arti  semua  indikator  ditagih,  kemudian  hasilnya  dianalisis  untuk 
menentukan kompetensi dasar yang telah  dikuasai dan belum dikuasai  serta mengetahui
kesulitan belajar peserta didikApabila peserta didik belum menguasai suatu kompetensi 
dasar harus mengikuti proses pembelajaran kemudian dilakukan penilaian untuk mengukur 
pencapaian kompetensi.
Berdasarkan hasil evaluasi kegiatan bimtek KTSP tahun 2008 dan 2009 yang dilaksanakan
oleh  Direktorat  Pembinaan  SMA  ditemukan  bahwa  pada  umumnya  pendidik  telah 
melaksanakan remedial dan pengayaan tetapi tidak melalui analisis hasil belajar peserta 
didik.  Selain  itu  sering  ditemukan  pendidik  melakukan  tes  ulang  terhadap  peserta  didik 
yang remedial tanpa melakukan perbaikan proses pembelajaran yang berdasarkan analisis 
hasil belajar peserta didik. Oleh karena itu, Direktorat Pembinaan SMA memandang perlu
menerbitkan ”Petunjuk Teknis Pembelajaran Tuntas, Remedial, dan Pengayaan di SMA”. 

B.     Tujuan 
Petunjuk teknis ini disusun dengan tujuan untuk memberikan kemudahan bagi Guru SMA 
dalam menyusun dan melaksanakan program dan strategi pembelajaran tuntas, remedial, 
dan pengayaan  sesuai dengan ketentuan dan mekanisme yang telah ditetapkan. 

C.    Ruang Lingkup Kegiatan 
Ruang lingkup petunjuk teknis ini meliputi: 
1. Penugasan pada wakasek kurikulum dan Tim Pengembang Kurikulum Sekolah (TPK); 
2. Arahan teknis kepala sekolah; 
3. Penyusunan rencana kegiatan dan rambu-rambu pelaksanaan; 
4.Pembahasan dan pengesahan rencana kegiatan dan rambu-rambu pelaksanaan; 
5.Penentuan jenis program remedial atau pengayaan; 
6.Pelaksanaan program remedial dan pengayaan; 
7.Penilaian program remedial dan pengayaan; 

D.Unsur yang Terlibat  
1. Kepala sekolah; 
2. Wakil kepala sekolah bidang akademik/kurikulum; 
3. TPK sekolah; 
4. Guru; 
5. MGMP sekolah. 



     E.  Referensi 
1. Peraturan  Pemerintah  Republik  Indonesia  Nomor  19  Tahun  2005  tentang  Standar 
Nasional Pendidikan, Pasal 19 ayat 1; 
2. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses; 
3. Peraturan  Menteri  Pendidikan  Nasional  Nomor  20  Tahun  2007  tentang  Standar 
Penilaian;  
4. Panduan  Pembelajaran  Tuntas,  Remedial,  dan  Pengayaan  yang  diterbitkan  oleh 
Direktorat Pembinaan SMA Tahun 2008. 

F.Pengertian dan Konsep 
1.  Belajar pada hakikatnya adalah suatu aktivitas yang mengharapkan perubahan tingkah 
laku (behavioral change) pada individu yang belajar. Perubahan tingkah laku tersebut 
terjadi karena usaha individu yang bersangkutan 
2.  Mengajar  (teaching)  pada  hakikatnya  adalah  membantu  peserta  didik  memperoleh
informasi, ide, keterampilan, nilai, cara berfikir, sarana untuk mengekspresikan diri, 
dan cara-cara belajar bagaimana belajar (Joyce, Weil & Showers : 1992) 
3.  Pembelajaran tuntas adalah pola pembelajaran yang menggunakan prinsip ketuntasan 
secara individual. 
4.  Pembelajaran  tuntas  (mastery  learning)  dalam  proses  pembelajaran  berbasis 
kompetensi  dimaksudkan  adalah  pendekatan  dalam  pembelajaran  yang 
mempersyaratkan  peserta didik menguasai secara tuntas seluruh standar kompetensi 
maupun kompetensi dasar mata pelajaran tertentu. 
5.  Prinsip-prinsip utama pembelajaran tuntas adalah:  
a.Kompetensi  yang  harus  dicapai  peserta  didik  dirumuskan  dengan  urutan  yang 
   hirarkis; 
b.Evaluasi yang digunakan adalah penilaian acuan patokan, dan setiap kompetensi 
   harus diberikan feedback
c. Pemberian pembelajaran remedial serta bimbingan yang diperlukan; 
d. Pemberian  program  pengayaan  bagi  peserta  didik  yang  mencapai  ketuntasan 
    belajar lebih awal. (Gentile & Lalley : 2003) 
6. Pembelajaran remedial pada hakikatnya adalah pemberian bantuan bagi peserta didik yang  mengalami  kesulitan  atau  kelambatan  belajar.  Pemberian  pembelajaran
remedial meliputi dua langkah pokok, yaitu pertama mendiagnosis kesulitan belajar, dan kedua memberikan perlakuan (treatment) pembelajaran remedial. 
7. Teknik  yang  dapat  digunakan  untuk  mendiagnosis  kesulitan  belajar  antara  lain:  tes 
prasyarat  (prasyarat  pengetahuan,  prasyarat  keterampilan),  tes  diagnostik, 
wawancara, pengamatan, dsb. 
8. Bentuk-bentuk kesulitan belajar peserta didik adalah: 
a. Kesulitan  belajar  ringan  biasanya  dijumpai  pada  peserta  didik  yang  kurang 
    perhatian saat mengikuti pembelajaran; 
b.Kesulitan belajar sedang dijumpai  pada  peserta  didik  yang  mengalami  gangguan          belajar  yang  berasal  dari  luar  diri  peserta  didik,  misalnya  faktor  keluarga, 
   lingkungan tempat tinggal, pergaulan, dsb. 
c. Kesulitan  belajar  berat  dijumpai  pada  peserta  didik  yang  mengalami  ketunaan 
    pada diri mereka, misalnya tuna rungu, tuna netra¸tuna daksa, dsb. 

9. Bentuk pelaksanaan pembelajaran remedial: 
a.  Pemberian  pembelajaran  ulang  dengan  metode  dan  media  yang  berbeda  jika 
jumlah peserta yang mengikuti remedial lebih dari 50%; 
b. Pemberian bimbingan secara khusus, misalnya bimbingan perorangan jika jumlah 
    peserta didik yang mengikuti remedial maksimal 20%; 
c. Pemberian  tugas tugas  kelompok  jika  jumlah  peserta  yang  mengikuti  remedial 
    lebih dari 20 % tetapi kurang dari 50%; 
d. Pemanfaatan tutor teman sebaya. 
10.  Semua pembelajaran remedial diakhiri dengan tes ulang. 
11.  Pembelajaran remedial dan tes ulang dilaksanakan di luar jam tatap muka. 
12.  Secara  umum  pengayaan  dapat  diartikan sebagai  pengalaman  atau  kegiatan peserta 
didik yang melampaui persyaratan minimal yang ditentukan oleh kurikulum dan tidak 
semua peserta didik dapat  melakukannya. 
13.  Teknik  yang  dapat  digunakan  untuk  mengidentifikasi  kemampuan  berlebih  peserta 
didik  dapat  dilakukan  antara  lain  melalui:  tes  IQ,  tes  inventori,  wawancara, 
pengamatan, dsb. 




14.  Pembelajaran Pengayaan 
a. Identifikasi kemampuan belajar berdasarkan jenis serta tingkat kelebihan belajar
    peserta  didik  misal  belajar  lebih  cepat,  menyimpan  informasi  lebih  mudah, 
                keingintahuan  lebih  tinggi,  berpikir  mandiri,  superior  dan  berpikir  abstrak, 
               memiliki banyak minat.    
b. Identifikasi  kemampuan  berlebih  peserta  didik  dapat  dilakukan  antara  lain 
    melalui: tes IQ, tes inventori, wawancara, pengamatan, dsb.  
c. Pelaksanaan Pembelajaran Pengayaan 
1) Belajar kelompok 
2) Belajar mandiri 
3) Pembelajaran berbasis tema 
4) Pemadatan kurikulum 
15.  Pemberian  pembelajaran  hanya  untuk  kompetensi/materi  yang  belum  diketahui 
peserta didik. Dengan demikian tersedia waktu bagi peserta didik untuk memperoleh 
kompetensi/materi  baru,  atau  bekerja  dalam  proyek  secara  mandiri  sesuai  dengan 
kapasitas  maupun  kapabilitas  masing-masing.  Pembelajaran  pengayaan  dapat  pula
dikaitkan  dengan  kegiatan  penugasan  terstruktur  dan  kegiatan  mandiri  tidak 
terstruktur.  
16.  Penilaian  hasil  belajar  kegiatan  pengayaan,  tentu  tidak  sama  dengan  kegiatan 
       pembelajaran  biasa,  tetapi  cukup  dalam  bentuk  portofolio,  dan  harus  dihargai 
       sebagai nilai tambah (lebih) dari peserta didik yang normal.  
17.  Tim Pengembang Kurikulum sekolah yang selanjutnya disebut TPK sekolah adalah tim 
       yang  ditetapkan  oleh  kepala  sekolah  yang  bertugas  untuk  merancang  dan 
       mengembangkan kurikulum, yang terdiri atas wakil kepala sekolah, pendidik, tenaga 
       kependidikan,  Guru  BK/konselor,  dan  kepala  sekolah  sebagai  ketua  merangkap
       anggota. 

  
G. Uraian Prosedur Kerja 

  1. Kepala  sekolah  menugaskan  wakasek  kurikulum  dan  TPK  sekolah  menyusun  rencana kegiatan  dan  rambu rambu  pelaksanaan  pembelajaran  remedial  dan  pembelajaran pengayaan; 
  2.  Kepala sekolah memberikan arahan teknis tentang  program remedial dan pengayaan
    yang sekurang-kurangnya mencakup: 
a. Dasar pelaksanaan pembelajaran remedial dan pengayaan; 
b.Tujuan  yang  ingin  dicapai  dalam  pelaksanaan  pembelajaran  remedial  dan 
    pengayaan; 
c. Manfaat pembelajaran remedial, dan pengayaan; 
d. Hasil yang diharapkan dari pembelajaran remedial dan pengayaan; 
e. Unsur-unsur  yang  terlibat  dan  uraian  tugas  dalam  pelaksanaan  pembelajaran 
    remedial dan pengayaan. 
  1. Wakil  kepala  sekolah  bidang  kurikulum  bersama  TPK  sekolah  menyusun  rencana kegiatan  dan  rambu-rambu  pelaksanaan  pembelajaran  remedial  dan  pengayaan 
sekurang-kurangnya  berisi  uraian  kegiatan,  sasaran/hasil,  pelaksana,  dan  jadwal 
pelaksanaan; 
  1. Kepala  sekolah  bersama  wakasek  kurikulum/TPK  sekolah  dan  guru/MGMP  membahas rencana  kegiatan  dan  ramburambu  pelaksanaan  pembelajaran  remedial  dan pengayaan; 

  1. Kepala  sekolah  mensahkan  dan  menandatangani  rencana  kegiatan  dan  rambu-rambu pelaksanaan pembelajaran remedial dan pengayaan; 
  2. Guru/MGMP  menentukan  jenis  program  remedial  atau  pengayaan  berdasarkan
    pencapaian  kompetensi  peserta  didik dengan  menggunakan  analisis  ketuntasan  KKM, dengan acuan: 
            a. Program remedial jika pencapaian kompetensi peserta didik kurang dari nilai KKM 
b. Program pengayaan jika pencapaian kompetensi peserta didik lebih atau sama
    dengan nilai KKM 
      7. Guru/MGMP  melaksanakan  program  pembelajaran  pengayaan  dan  pembelajaran 
          remedial berdasarkan klasifikasi hasil pencapaian kompetensi peserta didik;  
8.Guru/MGMP  melaksanakan  penilaian  bagi  siswa  yang  mengikuti  program  pengay   aan yang hasilnya dimasukkan dalam portofolio 
9.Guru/MGMP  melaksanakan  penilaian  ulang  bagi  peserta  didik  yang  remedial  dan          hasilnya sebagai nilai pencapaian kompetensi peserta didik; 





































Lampiran 1 : Alur Prosedur Kerja Pembelajaran Remedial Dan Pengayaan 

INPUT 
PROSES 
OUTPUT 
KEPALA SEKOLAH 
WAKASEK KUR/ 
TPK SEKOLAH 
GURU/MGMP 


Menugaskan wakasek kurikulum dan TPK sekolah menyusun rencana kegiatan dan rambu-rambu pelaksanaan 

Memberikan arahan teknis tentang  program remedial dan pengayaan  
Menyusun rencana kegiatan dan rambu-rambu pelaksanaan pembelajaran remedial dan pengayaan 


  1. PP No.19 Tahun 2005 
  2. Permendiknas No. 41 Tahun 2007 
  3. Permendiknas No. 20 Tahun 2007 
  4. Panduan  pembelajaran  tuntas, remedial, dan pengayaan 

Menandatangani rencana kegiatan dan rambu-rambu pelaksanaan remedial dan pengayaan. 
Menentukan jenis program remedial atau pengayaan sesuai pencapaian kompetensi peserta 
didik (menggunakan analisis ketuntasan KKM) 
Melaksanakan program pengayaan  
Melaksanakan program remedial 
Penilaian 
Penilaian ulang 
Nilai Hasil 
Remedial 

Nilai Pengayaan dalam portofolio layak 
Membahas rencana kegiatan dan ramburambu pelaksanaan pembelajaran remedial dan pengayaan ya tidak 












Lampiran 2 :  Instruksi Kerja Penentuan Jenis Program Remedial atau Pengayaan 

Melakukan analisis ketercapaian kompetensi peserta didik dengan analisis pencapaian KKM 
Menyiapkan data untuk menentukan jenis program remedial atau pengayaan 
Hasil pencapaian kompetensi  
Peserta Didik 

Tuntas 
Ya 
Pembelajaran 
Pengayaan  
Penentuan jenis program remedial atau program pengayaan telah selesai untuk ditindaklanjuti pembelajarannya

Mengidentifikasi ketuntasan peserta didik dan mengelompokkan  
Pembelajaran 
Remedial  
Tidak 

KETERANGAN 

Mekanisme Analisis: 
1. Membandingkan nilai pencapaian hasil ulangan harian dengan nilai KKM setiap KD 
2. Mengidentifikasi peserta didik yang belum mencapai ketuntasan KKM setiap KD 
3. Mengidentifikasi kesulitan belajar peserta didik 

Pengelompokan Siswa:
Mengelompokkan peserta didik yang sudah tuntas dan yang belum tuntas berdasarkan nilai ulangan harian dengan nilai KKM setiap KD dan berdasarkan kesulitan belajar peserta didik 





















Lampiran 3 : Contoh Program Pembelajaran Remedial 
 
SMA                         :  ........................  
Mata Pelajaran        :  Sejarah  
Kelas                       :  X
Ulangan ke              :  1 
Tgl ulangan             :  10 Juli 2009 
Bentuk soal             :  Uraian  
Materi ulangan (KD/Indikator): 1.1 Menjelaskan pengertian dan ruang lingkup sejarah
                                                    1.  Menyebutkan  pengertian sejarah  
                                                    2.  Menjelaskan ruang lingkup ilmu sejarah  
                                                    3.  Mendeskripsikan konsep konsep dasar sejarah 
                                                    4.  Menjelaskan kegunaan sejarah dalam masyarakat 
Rencana ulangan ulang : 17 Juli 2009
KKM Mapel                  : 75 


NO 

NAMA SISWA 
NILAI 
ULANGAN 
KD / INDIKATOR 
YANG TAK DIKUASAI 
NO SOAL YANG 
DIKERJAKAN DALAM TES 
ULANG 
HASIL 
  1. Feby Ananda 62 1, 3, 4 1,2,5,6,11,12 85   (Tuntas) 
2 . Dimas Feriyanto 70 1, 2 2,3,5,6 98   (Tuntas) 
     Dst… 





KETERANGAN : 
• Pada kolom no soal yang akan dikerjakan,  masing masing indikator telah di breakdown 
  menjadi soal-soal dengan tingkat kesukaran masing masing.  
  Misalnya     : Indikator  1 menjadi 3 soal yaitu no soal 1, 2, 3 
                          Indikator 2 menjadi 3 soal yaitu no soal 4, 5, 6 
                          Indikator 3 menjadi 3 soal yaitu no soal 7, 8, 9 
                          Indikator 4 menjadi 3 soal yaitu no soal 10,11,12 
•Pada kolom hasil diisi nilai hasil ulangan ulang, walaupun nilai yang nantinya diolah adalah 
sebatas tuntas 



 

Lampiran 4 : Contoh Program Pembelajaran Pengayaan 
 
SMA                         :  …………………………..
 
Mata Pelajaran        :  Sejarah  

Kelas                       :  X
 
Ulangan ke              :  1 

Tgl ulangan             :  10 Juli 2009 

Bentuk soal             :  Uraian  

Materi ulangan (KD/Indikator): 1.1 Menjelaskan pengertian dan ruang lingkup sejarah 
                                                    1.  Menyebutkan  pengertian sejarah 
                                                    2.  Menjelaskan ruang lingkup ilmu sejarah  
                                                    3.  Mendeskripsikan konsep konsep dasar sejarah 
                                                    4.  Menjelaskan kegunaan sejarah dalam masyarakat 

 Rencana Program Pengayaan: 17 Juli 2009 
 
 KKM Mapel               : 75 


NO 
NAMA SISWA 
NILAI ULANGAN 
BENTUK PENGAYAAN 

 1 . Fatur Rochman 78 
Menambah  pemahaman melalui  diskusi kelompok dengan topik aktual : 
  1. Fifi irawati 80 
1        Benarkah pendapat yang mengatakan belajarsejarah menjadikan orang lebih bijaksana? Dst 
2        Benarkah pendapat yang mengatakan sejarah  bisa berulang? 
     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar